Senin, 09 April 2012

Makanan yang Baik Untuk Pembentukan Otot

send email
print this page


Memiliki otot yang bagus serta kuat merupakan impian setiap laki-laki (pria), dimana pria akan tampil lebih Percaya Diri dengan tubuh yang sehat serta berotot. Untuk mendapatkan otot yang sehat dan kuat tidak hanya cukup dengan latihan fisik saja, namun beberapa pembentukan otot yang kuat dipengaruhi oleh beberapa pola makan (menu makanan). Otot yang baik dan kuat akan mudah terbentuk jika asupan cairan dan makanan kaya energi yang seimbang serta latihan fisik secara rutin.

Asupan makanan yang sehat dan seimbang terhadap tubuh sangat berguna terhadap kesehatan khususnya bagian pencernaan. Jika pencernaan dalam tubuh manusia sehat, maka proses latihan fisik pada saat membentuk otot yang kuat juga akan berjalan lancar.

Untuk membantu pembentukan otot yang tersebut sebaiknya menekankan pada 5 atau lebih porsi harian buah dan sayuran, biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, dan cairan yang cukup. Cairan yang cukup ini nanti berguna menghindari terjadinya dehidrasi.

Untuk mendapatkan hasil dari latihan fisik yang bertujuan membentuk otot, maka membutuhkan kombinasi karbohidrat dan protein yang sehat. Protein memiliki peranan yang penting dalam membangun dan memperbaiki otot. Sedangkan karbohidrat mampu menyediakan energi untuk bahan bakar selama melakukan latihan fisik.

Lalu, apa saja makanan yang dapat membantu memperkuat otot? berikut ini merupakan beberapa asupan makanan yang dapat membantu membentuk otot yang kuat:

  1. Buah dan sayuran. Buah dan sayuran merupakan faktor dasar dari semua diet yang sehat. Diet sehat ini selalu menyertakan buah dan sayuran untuk membantu menurunkan berat badan dan dapat memberikan asupan serat, vitamin, mineral, dan cairan. Pada sayuran juga terdapat sejumlah kecil protein.
  2. Susu rendah lemak. Susu rendah lemak ini dapat berguna untuk menyediakan protein yang berkualitas tinggi, karbohidrat, dan vitamin penting seperti vitamin D, potasium, dan kalsium.
  3. Daging. Daging dipercaya sebagai sumber protein, besi, dan asam amino termasuk leusin. Kandungan besi pada daging berguna untuk melakukan transportasi oksigen ke otot. Nutrisi yang terdapat pada daging mampu memupuk pertumbuhan otot.
  4. Daging ayam warna gelap. Mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit memang cukup baik untuk kesehatan dikarenakan rendah lemak. Memilih daging ayam yang berwarna gelap mampu meningkatkan zat besi sebesar 25 persen dalam tubuh, serta meningkatkan 3 kali zink yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik.
  5. Telur. Satu telur sehari sangatlah baik untuk program diet sehat, meskipun demikian jangan sampai kuning telurnya terbuang. Telur diperkaya dengan asam amino esensial, kuning telur juga mengandung protein dan nutrisi lainnya seperti lutein yang sangat berguna untuk kesehatan mata.
  6. Kacang. Mengkonsumsi kacang mentah tanpa garam atau kacang yang dipanggang merupakan sumber protein yang baik dan juga mengandung vitamin, antioksidan, serat dan lemak sehat yang cukup membantu untuk daya tahan tubuh.
  7. Biji-bijian. Karbohidrat yang berkualitas banyak terdapat pada biji-bijian, disamping itu biji-bijian juga mengandung sejumlah kecil protein, dimana protein tersebut mampu memberikan energi dan membentuk otot, bersama dengan serat, vitamin dan antioksidan yang terkandung didalam biji-bijian.

0 comments:

Poskan Komentar

Jika Admin tidak menjawab di halaman ini, mungkin Admin telah mengirimkan jawabannya melalui e-mail Anda. Jadi harap lihat e-mail Anda.

 

Exchange Link

Membuka Website yang Terblokir dengan Mudah
Copy-paste in your website/blog

Widget

DMCA.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free W3 Directory - the World Wide Web Directory Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Directory submission