Kamis, 14 Juni 2012

Cara Kuliah Online Di Harvard, Stanford, Berkeley dll Gratis

send email
print this page


Cara Kuliah Online Di Harvard, Stanford, Berkeley dll Gratis - Kuliah di luar negeri merupakan impian dari semua siswa/siswi ataupun semua orang. Sekolah-sekolah menengah atas yang tergolong sekolah favorit pastinya siswa/siswi akan melanjutkan kuliah ke luar negeri. Sedangkan sekolah tidak tergolong favorit hanya bisa melanjutkan ke universitas dalam negeri saja. Mungkin karena mereka tidak percaya diri dengan kemampuan yang ada dalam dirinya.


Bagi Anda yang ingin belajar ke Universitas luar negeri seperti Harvard, Stanford, Berkeley, dan lain-lain tidak usah cemas. Di jaman yang serba canggih seperti ini, semua bisa dilakukan. Kini telah hadir Kuliah Online. Apa maksudnya ? Jadi kita bisa kilah secara online di Universitas luar negeri, dengan dosen atau instruktur dari Universitas luar negeri pula.

Saya juga sedang Kuliah Online, mengambil course mesin di Stanford University. Kita bisa belajar dengan santai, bisa sambil makan, minum, ataupun bisa sambil ngupil. Adapun tes-tes atau ujian-ujian seperti kuliah biasanya, dan nanti akan ada hasil ujian tersebut. Kita juga bisa mengenal instruktur/dosen pengajar kita. Sungguh mengasyikan, dan menyenangkan. Tapi, bagi Anda yang masih kurang dengan bahasa inggris itu yang menjadi kendala dalam pengajaran ini. Maka dari itu belajarlah bahasa innggris dengan benar atau ketika Anda belajar siapkan kamus di samping kanan Anda agar bisa di translate kata-kata yang menurut Anda tidak dimengerti.

Seperti sebuah kelas di kampus pada umumnya, ada waktu kapan kelas dimulai dan kapan kelas berakhir. Hal ini juga berlaku di “kelas online” berbagai universitas ternama ini. Beberapa tipe kelas online tersebut antara lain :
  • Recent Courses      : kelas-kelas yang baru dibuka
  • Ongoing Courses    : kelas-kelas yang sudah dimulai
  • Upcoming Courses : kelas-kelas yang masih akan dibuka
  • Finished Courses    : kelas-kelas yang sudah selesai dan tidak bisa diakses secara gratis lagi
Sebenarnya berbagai course tersebut tersebar secara luas di internet dan sulit bagi kita untuk menemukannya satu per satu, karena mayoritas terupload secara acak di YouTube. Namun ada sebuah situs yang mengumpulkan berbagai course tersebut dan bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan link ke berbagai course tersebut dengan mudah, yaitu Class Central.

Cara Menggunakan Class Central

Berikut ini adalah cara menggunakan Class Central untuk menemukan course dari berbagai universitas terkenal yang bisa dipelajari secara online :
1. Buka situs Class Central

2. Disana akan ada berbagai tipe course, yaitu Recent Course, Ongoing Course, Upcoming Course dan Finished Course.

3. Silahkan pilih course mana yang ingin anda pelajari, misalnya saja anda ingin memilih kelas Introduction to Machine Learning..klik saja link tersebut.

 4. Anda akan dibawa ke halaman course tersebut. Ikuti saja panduan yang ada di halaman tersebut. Misalnya jika diminta untuk mendaftar, langsung saja mendaftar.

 5. Isi setiap kotak yang ada 

6. Nah, kalau sudah mendaftar akan ada tampilan seperti ini


Jika ada tulisan You are signed up itu artinya kamu telah masuk, klik Preview untuk menuju ke kelas.

7. Setelah masuk ke kelas Anda akan di hadapkan kepada beberapa jadwal. Di sana sudah ada jadwal secara urut dari perkenalan, pertemuan minggu pertama, minggu kedua, sampai minggu ter akhir dalam pertemuan.






















Tapi, kalau menurut saya klik berdasarkan urutan yang sudah diurutkan jangan loncat-loncat materinya. Untuk mengintip sedikit tentang bagaimana cara pengajarannya, belajarnya lewat video.



















Ingat.......Class Central ini hanya membantu anda menemukan berbagai course yang available dari berbagai universitas terkenal. Link-link yang disediakan tentu saja mengarah ke berbagai sumber, misalnya ke homepage universitas, homepage pengajar, dll. Yang jelas di link tersebut sudah dipastikan ada materi online yang anda pilih.

Sekarang Anda bisa kuliah ke luar negeri tanpa harus ke luar negeri. Semoga artikel ini dapat membantu permasalahan Anda. Jika kurang paham tentang cara-cara di atas silahkan komentar dibawah ini.

11 comments:

  1. kemajuan teknologi makin berkembang...
    tapi kok malah jadi bikin orang mengurangi waktu untuk bersosialisasi y...?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Memang gratis gan. Kita belajar dengan video yang telah dibuat, coba sekarang gan tapi harus bisa bahasa inggris ya

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya jelas tidaklah tapi setidaknya ilmu yang kita dapat bertambah karena yang mengajarkan adalah dosen aslinya.

      Hapus
  5. ooww, saya pikir bisa dapat ijazahnya juga, heheheheh :D

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya.. klo mnurut ak sih yg penting nambah ilmu nya,,stidaknya buat bekal klo mau S2 k luar negeri.. klo ijazah S1 ma d cari d Indonesia jg gpp..HEHEHEHE

    BalasHapus
  7. Kuliah bsa kapan aja atu gmn? Jd bsa ga klo kuliah online jg kuliah d univ indonesia jg , gmn?

    BalasHapus

Jika Admin tidak menjawab di halaman ini, mungkin Admin telah mengirimkan jawabannya melalui e-mail Anda. Jadi harap lihat e-mail Anda.

 

Exchange Link

Membuka Website yang Terblokir dengan Mudah
Copy-paste in your website/blog

Widget

DMCA.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free W3 Directory - the World Wide Web Directory Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Directory submission