Kamis, 07 Juni 2012

Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

send email
print this page


Flashdisk merupakan hal terpenting bagi Anda pecinta games atau yang sering menggunakan laptop atau komputer. Flashdisk diibaratkan sebagai memori atau tempat untuk menyimpan data. Bayangkan jika flashdisk yang sudah kita simpan dengan data-data apalagi jika yang disimpan itu adalah data penting semua lalu terjadi eror pada flashdisk, kalau dalam kasus ini saya contohkan jika flashdisk Anda tidak terbaca ketika USB sudah dicolokan. Apa yang akan Anda rasakan ? Jengkel, amarah tinggi, pusing berat, nyeri dipundak dan tulang belakang (nah loh, kok jadi iklan bodrek).

Wajar bila hal itu timbul karena flashdisk yang tidak terbaca walau pun sudah di colok USB. Untuk menghindari kehilangan dari data-data penting saya selalu menyimpan di 2 daerah atau tempat yang berbeda. Ada yang di flashdisk dan adapula di Data D. Jadi, saya tidak mengalami kehilangan data. 

Flashdisk yang tidak terbaca biasanya ditandai dengan tidak munculnya warning “removable hardware” di taskbar (sebelah kanan bawah) tampilan monitor anda. Atau dengan kata lain pada system tray.  Kadang ada pula yang ikonnya telah muncul, tetapi ketika diklik muncul jendela baru yang memberikan pesan error, dan sebagainya.

Jika flashdisk tidak terbaca tidak akan muncul drive USB (Universal Serial Bus) baru dibawah drive my computer ketika kita membuka windows explorer. Biasanya, masalah mengenai tidak terbacanya flashdisk ini dijumpai pada PC atau Laptop yang memiliki daya sistem yang tinggi (salah satunya RAM) sehingga menganggu proses pembacaan eksistensi perangkat yang baru.

Tapi, Anda tidak usah Jengkel, amarah tinggi, pusing berat, nyeri dipundak dan tulang belakang (nah loh, kok jadi iklan bodrek), karena Terindikasi selalu menyelesaikan masalah Anda. Terlihat dari Header di atas "Present to solve the problem". 
Berikut ini adalah beberapa cara agar flashdisk dapat terbaca oleh PC atau laptop.

  • Colokkan flashdisk pada port
  • Restart komputer
  • (Jika masih tetap tidak terbaca) uninstall USB drive
  • Bukalah My Computer
  • Klik Control Panel
  • Klik sistem
  • Jika sistem sudah terbuka, perhatikan tab hardware
  • Klik device manager dan carilah tulisan "Universal Serial Bus Controller"
  • Jika anda melihat hardware berwarna kuning, klik hardware tersebut
  • Klik "uninstall"
  • Lalu restart kembali komputer anda

Biasanya setelah cara diatas dilakukan, flashdisk anda dapat dibaca kembali. Dan apabila setelah cara diatas telah dilakukan namun tidak menunjukkan hasil apapun, kemungkinan besar itu adalah kerusakan hardware. Kerusakan hardware dapat ditimbulkan oleh banyak sebab, tapi faktor utama yang menyebabkan kerusakan hardware adalah mencabut flashdisk secara langsung dari komputer. 

Banyak orang yang ingin cepat dan praktis menyepelekan Safety Remove USB dan melakukan hal (mencabut flashdisk secara langsung, tanpa konfirmasi dari PC) tersebut, padahal Safety Remove USB adalah sesuatu hal yang penting untuk mencegah kerusakan hardware. Jenis kerusakan lain adalah, saat flashdisk diklik akan muncul sebuah jendela baru yang meminta kita untuk mem-format flashdisk tersebut. Satu-satu jalan untuk tetap memakai flashdisk tersebut adalah mem-format flashdisk tersebut, walaupun harus mengorbankan data yang ada didalamnya.

Sekian dari saya, mungkin hanya ini saja yang bisa saya berikan tipsnya. Atas nama Terindikasi saya ucapkan bravo.

5 comments:

  1. mantap!!
    nice tips..
    pasti dicoba satu saat kalo flas disk ampe kyk gitu..
    salam kenal gan!

    BalasHapus
  2. Gmana klo..msalahnya...FlashDisknya..gk kbaca tapi kita pake flash dish lain kbaca..nah tu ap masih bsa dngan cara ini???thanx klo djawab..

    BalasHapus
  3. bisa ga kalau sudah memformat flashdisk trs data'a dikembalikan lg? Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh!!! Berdasarnya kenyataan selama ini belum pernah ada yang terjadi Flashdisk diformat lalu data kembali. Mungkin hanya keajaiban yang bisa memungkinkan hal tersebut.

      Hapus

Jika Admin tidak menjawab di halaman ini, mungkin Admin telah mengirimkan jawabannya melalui e-mail Anda. Jadi harap lihat e-mail Anda.

 

Exchange Link

Membuka Website yang Terblokir dengan Mudah
Copy-paste in your website/blog

Widget

DMCA.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free W3 Directory - the World Wide Web Directory Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Directory submission